“Parental Involvement of Artillery” (P.I.A) adalah Sebuah aplikasi yang dapat di akses melalui mobile phone dengan system android dalam mempermudah proses/prosedur pengaplikasian peranan Parental Involvment di kecabangan Artileri Medan.
 
    Parental Involvement of Artillery (P.I.A) merupakan sebuah aplikkasi yang dibuat untuk mempermudah proses/prosedur bagi Tiga Pilar (Pussenarmed, Pusdikarmed dan Para Dansat Armed) dalam merencanakan, mempersiapkan, memonitoring dan mengevaluasi hasil Pendidikan dengan mengakses aplikasi dengan beberapa fitture yang mempermudah dalam menginput data dan memonitoring penyelenggaraan Pendidikan, selain itu aplikasi ini dilengkapi dengan fitur “chat” yang mempermudah bagi para Dansat dalam memberikan saran, masukan bagi penyelenggara pendidikan maupun memonitoring dan mengevaluasi anggotanya dalam pelaksanaan Proses Belajar mengajar di Pusdikarmed. Adapun siklus penggunaan aplikasi ini adalah sebagai berikut :
 
a.     Penggunaan aplikasi ini diawali dengan input data dari Pussenarmed tentang rencana Pendidikan di tahun yang akan dating dalam bentuk Kalender Pendidikan dan Kurikulum Pendidikan.
 
b.   Para Dansat dapat merencanakan dan menyiapkan prajuritnya untuk mengikuti Pendidikan yang akan datang dengan berpedoman pada Kaldik dan Kurdik yang sudah diinput oleh Pussenarmed dengan menginput data pada aplikasi P.I.A (menu Peta Dik).
 
c.     Pussenarmed melihat dan menganalisa Peta Pendidikan yang sudah diinput oleh para Dansat kemudian merencanakan dan menentukan pendidikan yang akan dilaksanakan di tahun yang akan datang. Hal ini dapat ditindak lanjuti dengan pembuatan pengusulan penerbitan sprint pemanggilan caserdik yang diinput melalui aplikasi.
 
d.   Dengan data tersebut diatas Pusdikarmed dapat merencakan, menyiapkan dan menyelenggarakan Pendidikan serta memberikan informasi tentang penyelenggaraan Pendidikan melalui menu Nilai dan daftar Gumil yang dapat diakses oleh para Dansat untuk memonitoring anggotanya selama melaksanakan proses belajar mengajar di Pusdikarmed.
 
e.     Apabila ada saran masukan dari para Dansat tentang penyelenggaraan Pendidikan dapat memanfaatkan menu chat sebagai bahan evaluasi dalam penyelenggaraan Pendidikan di tahun yang akan datang.
 
    Guna pencapaian pelaksanaan tugas pokok khususnya dalam penyelenggaraan Pendidikan yang optimal maka tiga pilar dalam parental involvement memiliki peranan yang sangat penting dalam tahap perencanaan, penyiapan maupun pelaksanaan penyelenggaraan Pendidikan sehingga terwujud tujuan dan sasaran Pendidikan yang maksimal serta dapat dijadikan tolak ukur bagi para Dansat dalam penempatan jabatan sesuai dengan kualifikasi yang dimiliki oleh prajurit.
 
    Aplikasi P.I.A bertujuan untuk memberikan porsi yang lebih besar kepada para Dansat dalam keterlibatanya untuk merencanakan, mempersiapkan, memonitoring dan mengevaluasi hasil pendidikan guna sinkronisasi kebutuhan organisasi satuan Armed.
 
    Didalam Aplikasi P.I.A ini terdapat 7 menu yang dapat digunakan untuk mempermudah dalam mengaplikasikan peranan parental Involvment, 7 menu pilihan itu adalah sebagai berikut :
a)      Menu Profil terdiri dari buku panduan tentang P.I.A dan  video tutorial.
 

 
b)     Menu Kaldik berisi Kalender Pendidikan di Tahun yang akan datang terdiri dari Perwira, Bintara dan Tamtama di semua macam Pendidikan.
 
 
 
 
c)   Menu Kurdik berisi Kurikulum Pendidikan baik Perwira, Bintara maupun Tamtama disemua jenis dan macam Pendidikan.
 
 
 
 
d)    Menu Nilai berisi tentang nilai SIKU, PENGPIL dan JAS peserta didik yang sedang berjalan baik Perwira, Bintara maupun Tamtama.
 
 
 
 
e)     Menu Peta Dik berisi tentang input data para Dansat tentang calon peserta didik yang akan mengikuti penddikan di tahun yang akan datang, serta input data dari Pussenarmed tentang rencana dan alokasi Pendidikan ditahun yang akan datang baik Perwira, Bintara maupun Tamtama.
 
 
 f)     Menu Daftar Gumil berisi tentang daftar Gumil yang mengajar pada Pendidikan yang sedang berjalan.
 
 
 g)    Menu Chat yang dapat dimanfaatkan oleh ketiga pilar dalam memberikan saran dan masukan serta evaluasi terhadap penyelenggaraan Pendidikan.
                     
Cara Instalasi  Aplikasi PIA (Parental Involvement of Artillery) sebagai berikut :
1. Download Aplikasi PIA di link dibawah. (hanya Android).
 
2. Instal Aplikasi PIA.apk di Gadget masing - masing dengan membuka sumber yang tidak diketahui (karena aplikasi masih dalam pengembangan).

3. Memberikan izin pemasangan pada file APK. Bagian pertama ini sangat penting untuk anda lakukan. Jika anda tidak melakukan perizinan pada aplikasi apk, maka sampai kapanpun anda tidak akan pernah bisa menginstall Aplikasi berformat Apk.

 

 

    Setiap perangkat android memiliki fitur perizinan yang berbeda-beda tempatnya.

4. Kemudian Log in dengan menggunakan Akun yang telah didaftarkan oleh Admin. (CP Admin : 08118442014).
 

 

 

 

 

 
5. Setelah Log in kemudian para pengguna bisa mengakses semua menu yang telah disiapkan dalam Aplikasi tersebut.

                                               

 

LINK DOWNLOAD APLIKASI P.I.A

 

 
 

                                                                           

 

 

 

BAGIKAN BERITA :

Facebook WA Twitter